3 Cara Mudah Menata Buku di Rak

By Zeezee - Oktober 26, 2020


Pernah terpikir ingin merapikan buku-buku di rumah? Ini mungkin saat yang tepat untuk membereskan semua buku milikmu. Dalam proses ini, jangan lupa tata kembali buku dengan tampilan yang lebih menarik.

Caranya tidak sulit, kamu cukup mengubah tata letak, lalu tambahkan satu atau dua hiasan, dan rak buku bisa lebih cantik dalam sekejap! Buku mudah dibaca, rak pun nyaman dilihat!

 

Atur Posisi Buku

Saat menyusun kembali buku-buku ke rak, kamu bisa meletakkannya dengan dua variasi posisi, yakni vertikal dan horizontal. Namun, perlu diingat, nih posisi buku yang baik ialah vertikal karena dengan begitu buku bisa mendapat sirkulasi udara yang bagus.

Jadi, kalau kamu mau memvariasikan posisi buku di rak, pertimbangkan buku-buku yang diletakkan secara horizontal hanya untuk buku yang sedang atau dalam waktu dekat akan kamu baca. Setelah selesai, kamu bisa menyusunnya secara vertikal agar buku tetap memiliki kualitas fisik yang baik.

Berikan Ruang Kosong

Spasi antara satu barang dan barang lain bisa memberikan efek yang sangat berguna untuk tampilan keseluruhan ruangan. Begitu pun dengan buku-buku di rak. Cobalah untuk menyusun buku tidak terlalu padat dan sediakan ruang kosong antara susunan buku.

Ruang kosong ini bisa membuat buku “bernapas” dan di saat bersamaan membuat tampilan rak tidak terkesan penuh atau sesak. Kita yang melihat pun bisa lebih nyaman. Ambil buku yang kamu suka juga tidak memerlukan tenaga ekstra.

 

Photo by Vladimir Mokry on Unsplash

Isi Ruang Kosong dengan Artwork atau Aksesori

Setelah menyediakan ruang kosong antara susunan buku di rak, jangan biarkan ruang tersebut benar-benar tidak terisi. Kamu perlu mengisinya dengan sesuatu agar tampilan rak lebih estetis sekaligus untuk mendukung tampilan ruangan secara keseluruhan.

Nah, dengan apa kamu mengisi ruang kosong yang ada di rak? Ada banyak pilihan dan pada dasarnya bisa diisi dengan apa saja yang menurut kamu akan terlihat bagus di rak tersebut. Contoh sederhana, kamu bisa meletakkan bingkai foto, lukisan, tanaman, vas bunga, atau miniatur.

 

Tips tambahan merawat buku agar awet kamu bisa meletakkan kapur barus untuk menghindari rayap, silica gel untuk menyerap air, dan moisture absorber untuk menyerap kelembapan di sudut-sudut rak. Dengan begitu, halaman-halaman buku bisa tetap bagus seperti di awal kamu beli.

Sederhana, bukan? Jangan lupa pakai tips ini saat merapikan dan menata buku kamu di rumah, ya!

 

Foto 1: Photo by Reno Laithienne on Unsplash

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar