Meja Kerja Jadi Estetik dan Instagramable dengan Benda-Benda Ini!

By Zeezee - Agustus 25, 2020



Aku tahu tidak semua orang menganggap perlu adanya meja kerja atau meja khusus untuk belajar. Namun, beberapa bulan beraktivitas di rumah, membuatku berpikir, proses bekerja akan lebih mudah jika ada tempat khusus untuk aktivitas tersebut.

Kamu menjadi lebih mudah berkonsentrasi untuk bekerja atau belajar. Semua benda dan dokumen juga lebih rapi karena ada tempat untuk meletakkan atau menyimpannya. Satu lagi, mendekor meja kerja bisa menjadi kegiatan baru untuk menghilangkan kepenatan selama di rumah!

Menghias meja kerja atau belajar juga bisa membuatmu menyadari bahwa aktivitas tersebut ternyata menyenangkan. Ada perasaan positif, seperti sesuatu sudah berhasil diselesaikan atau diwujudkan. Meski terlihat sederhana, kegiatan ini bisa meningkatkan mood kamu.

Nah, kamu yang ingin mulai mengubah tampilan meja kerja perlu menambahkan beberapa benda di bawah ini, nih. Benda-benda ini bisa membuat meja kerja kamu lebih estetik dan nyaman digunakan serta dipandang!

 

                                                  Photo by Simon Rae on Unsplash

Apa yang Harus Dilakukan?

Pertama, kamu perlu memilih tempat untuk meletakkan meja kerja. Posisi di mana pun selama kamu nyaman tidak ada masalah. Lebih baik lagi jika meja kerja berdekatan dengan jendela. Jadi, ada cahaya alami yang bisa dimanfaatkan dan jika mata terasa lelah, kamu bisa mengisitarahatkannya dengan memandang ke luar.

Jika ingin suasana yang lebih berbeda, kamu bisa mengganti meja kerja atau belajar dengan yang baru. Namun, ini membutuhkan biaya yang lebih besar. Jadi, kamu yang mau berhemat cukup mengganti cat meja dan sesuaikan dengan warna dan konsep ruangan.

 

                                          Photo by Arnel Hasanovic on Unsplash

Ide Dekorasi Meja Kerja

Tampilan meja kerja tidak akan sempurna tanpa penataan meja yang cantik. Untuk melengkapi tampilan meja kerja, kamu bisa menambahkan satu atau lebih benda-benda di bawah ini.

Siapkan Nampan/Keranjang

Nampan berfungsi menjadi tempat untuk meletakkan alat tulis dan barang-barang kecil lainnya agar tidak tercecer. Jangan bayangkan nampan untuk makanan atau teh ya. Walau secara bentuk tidak berbeda jauh, ada banyak desain nampan kekinian yang bisa membuat tampilan meja kerja lebih artistik.

Lampu Meja

Bingung mau tambahkan apa di meja kerja agar tidak terlihat sepi dan di saat bersamaan memiliki fungsi yang penting? Coba tambahkan lampu meja! Pilih desain dan warna lampu yang sesuai dengan tema meja kerja dan ruanganmu, ya!

Sesuatu yang Personal

Agar kerja lebih semangat dan tampilan meja kerja juga lebih  meriah, pajang sesuatu yang personal dan penting untuk kamu, seperti foto orang tersayang atau keluarga. Kamu juga bisa meletakkan mainan atau action figure kesukaan. Apa pun yang bisa mengisi meja dan di saat bersamaan memberi efek positif saat beraktvitas bisa kamu tambahkan.

Tanaman/Vas Bunga

Tanaman atau rangkaian bunga bisa menambah warna pada keseluruhan tampilan meja kerja. Selain itu, tanaman bisa membuat udara lebih bersih dan menyegarkan pandangan.

Kalau tidak suka pot berukuran besar, kamu bisa memilih kaktus mini atau terrarium. Jumlahnya pun bisa lebih dari satu dan tidak hanya untuk meja (bisa juga letakkan di rak dinding).

Tidak mau tanaman hidup? Tanaman artifisial juga banyak dijual. Lebih mudah dalam perawatan dan yang pasti tanaman tersebut tidak akan mati atau layu.

 

                                                    Photo by Beazy on Unsplash

Permanis Area Dinding

Area dinding merupakan salah satu bagian yang perlu kamu perhatikan saat mendekorasi meja kerja. Dinding dengan penataan yang tepat akan memengaruhi keseluruhan tampilan area meja kerja. Ini benda-benda yang bisa ditambahkan untuk mempercantiknya.

Pegboard

Pernah lihat pegboard? Pegboard merupakan papan dengan lubang-lubang kecil di seluruh permukaannya. Lubang-lubang ini berguna untuk memasang pengait atau menggantung benda. Kamu bisa meletakkan pegboard di area dinding di depan atau samping meja kerja. Kemudian, gantung barang-barang yang diperlukan.

Pegboard bisa tambah artistik jika kamu tambahkan rak mini, tempelkan foto atau lokasi liburan idaman, atau gantungkan topi. Pastikan benda-benda yang digantung atau ditempatkan di pegboard tidak terlalu banyak agar tidak terlalu memberatkan papan serta merusak keseluruhan tampilan.

Wall Grid/Grid Board

Ide dekorasi meja kerja lainnya, gunakan wall grid atau grid board. Kamu pasti sudah sering melihat benda satu ini, bukan? Wall grid bisa kamu beli di toko-toko online dengan ukuran yang beragam. Bentuknya kotak-kotak dan bisa digantung di dinding samping atau depan meja kerja. Gantung kalender, quote, foto polaroid, atau benda favorit lainnya dan tampilan meja kerja kamu bisa berubah 100 persen!

Rak Dinding

Rak dinding bisa jadi pilihan jika kamu ingin menata lebih banyak barang di sekitar area meja kerja sekaligus mempercantik tampilannya. Ada banyak kreasi rak dinding yang bisa digunakan. Selain bentuk rak biasa, kamu bisa menggunakan floating shelf, atau rak besi dinding.

Apa yang bisa kamu taruh di rak? Kamu bisa meletakkan apa saja, tapi untuk menghasilkan tampilan yang instagramable, letakkan foto atau lukisanmu, padu padankan dengan tanaman dan aksesori meja kantor lainnya. Pilihan lain misalnya buku-buku favorit, jam, atau bunga-bunga kering.

Kamu tidak akan kehabisan ide untuk variasi aksesori, yang penting sesuaikan warna dan jumlah benda-benda tersebut agar tetap terlihat proporsional.

Bingkai Foto/Lukisan

Bosan dengan tampilan dinding yang itu-itu saja? Coba pajang quote berbingkai favorit kamu, gambar, foto, tampat favorit, atau lukisan. Pilih bingkai dengan berbagai ukuran dan pajang tiga atau empat di dindingmu. Kreasikan tata letaknya agar terlihat lebih menarik.

Bisa juga pilih satu bingkai dengan ukuran yang cukup besar untuk menjadi focal point di area meja kerja.

 

Benda-benda di atas, baik untuk dinding atau meja, bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin tampilan yang minimalis, tapi tetap manis, cukup pilih satu atau dua benda untuk bagian dinding. Begitu pun untuk area meja.

Nah, siapa yang sudah punya ide kreatif untuk dekoarasi meja kerja? Selamat berkreasi!

 

Foto 1: Photo by Kari Shea on Unsplash

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar